Sabtu, 25 Juli 2015

Gue Iri Sama Anak-Anak Remaja Tahun 90an

Malam itu gue bete HP gue nggak ada notif sama sekali. Biasa jomblo, udah biasa kayak begitu. Karena gue gak tau mau ngapain gue buka LINE, ternyata gue dapet notif chatting dari cewek cantik, temen gue di kampus, tapi isinya clover Get Rich, hmm.

Gue buka beranda, terus ada akun LINE namanya 'Love Indonesia' kalau gak salah. Akun itu memposting tentang kerinduan mereka akan masa mudanya, mereka yag mengalami masa remaja di periode 70an-90an. Karena menarik gue baca, setelah gue baca gue jadi tau tentang apa aja sih hal-hal gaul yang ada di tahun 70an-90an. Yang paling mencuri perhatian gue adalah habit remaja-remaja pada waktu itu. Tentang... ini gue screeshot.


Setelah gue baca, jujur, gue iri banget. Beda banget sama masa remaja yang gue alami di tahun milenium baru, alias 2000-an. Gue bayangin misalkan gue ngalamin masa remaja di tahun 70-90 pasti berkesan banget, energi galaunya beda. Lebih menggebu-gebu dan ada seninya.

Gue jadi inget, kenapa dulu kakak sepupu gue selalu minta anterin ke wartel tiap hari mulai jam 7 malem, dengan embel-embel di beliin minuman soda botol. Waktu itu gue masih SD, menurut gue minuman bersoda adalah hal yang "wah" banget, dan gue mau-mau aja ikut ngantri dan nemenin sepupu gue yang cewek di wartel dari jam 7 malem sampai jam 9 malem. 

Gue baru tau sekarang kalau dulu sepupu gue itu bela-belain kayak gitu cuma buat ngobrol sama pacarnya. Dulu susah banget ya, mau kangen-kangenan sama pacar aja harus ngantri di wartel berjam-jam, beda sama sekarang. Kalau sekarang semua serba gampag, sekarang chat dan telepon aja udah ada provider yang nyedian fasilitas gratis. Bersyukurlah kalian semua remaja-remaja tahun 2000-an, semua serba gampang. 

Tapi lo semua yang remaja 2000-an ngerasa aneh gak sih? Perasaaan dulu itu gue perhatiin nyari gebetan itu gampang banget, padahal semua media komunikasi serba susah. Beda sama sekarang, lo bisa pedekte via medsos, lo bisa stalking gebetan, nyari informasi tentang gebetan gampang, atau dengan kata lain peluang buat kenalan atau nyari gebetan itu sangat terbuka luas, tapi anehnya nggak jadian-jadian... gitu. Kalian ngerasa gak? Apa cuma gue doang....

Masa remaja gue (SMP-SMA) waktu itu masih baru zamannya SMS-an dan BBM-an. BBM juga jarang yang pake kalau buat anak sekolah waktu itu, cuma yang orang kaya aja yang pake BB waktu sekolah, mungkin dari 200 murid cuma 10 orang yang pake BB, mayoritas siswa pake HP  biasa yang ada game snakes sama space impact nya gitu. Gue dulu waktu SMA gak punya BB, abis mahal, gue gak dibeliin sama bokap.
Jadi inget dulu HP pertama gue itu Nokia dengan layar monokrom. Gue dulu sempet ngerasain jaman-jaman pedekate-an, via SMS. Dulu itu gue SMS-an sama cewek ngerasa kesiksa banget. Dulu itu tiap cewek yang SMS-an sama gue itu selalu ngetik SMS dengan huruf gede-kecil dikombinaskan sama angka, kalau jaman sekarang itu disebutnya alay, tapi dulu gue gak tau istilah itu, jadi gue anggap itu sesuatu yang keren. Tapi sumpah gue setengah mapus buat nerjemahinnya, mana SMS-nya suka *some text missing* pula....

Dulu gue juga suka liat sepupu gue yang cewek ini cekikikan sendiri sambil dengerin radio. Itu karena pacarnya request lagu ke radio itu, lalu penyiarnya nyampein bahwa lagunya itu dari "namanya pacar sepupu gue" spesial buat "sepupu gue", lalu diputerlah lagu 'Sheila On 7 - Anugerah Terindah Yang Pernah Ku Miliki'. Gue juga dulu sempet liat sepupu gue dikasih surat cinta sama pengagumnya, surat cinta yang ditulis tangan di selembar kertas binder yang bergambar mickey mouse, dan sepupu gue terlihat senang dan suka senyum-senyum sendiri. 

Surat cinta sendiri menurut gue itu keren, susah tau bikinnya....  tapi entah jaman sekarang surat cinta itu dianggap sebagai sesuatu yang kuno dan norak di mata cewek-cewek. 

Hal itu pernah gue buktiin waktu gue SMA kelas 1. Gue pernah ngasih surat cinta yang udah gue buat sekeren mungkin sama cewek yang gue taksir waktu itu. Jadi simple, gue minta tolong temennya buat masukin surat cinta itu ke tas dia pas jam istirahat. Ternyata cewek yang gue taksir itu gak sadar sama suratnya sampai pulang sekolah. Gue pikir, mungkin besok atau malem pas lagi nyiapin buku pelajaran buat besok dia bakal baca. Gue gak bisa tidur semaleman. 

Tibalah waktunya, pagi-pagi gue udah dateng ke sekolah, gue masuk kelas dan duduk dengan cemasnya, nunggu cewek yang gue taksir itu dateng, gue dateng duluan di kelas, belum ada siapa-siapa. Gak lama kemudian cewek yang gue taksir dateng, dia gak langsung duduk di bangkunya, dia datengin meja gue.

"NORAK!!! NAJIS TAU GAK!!" Surat cinta yang gue buat dirusak dan dilempar ke muka gue. Kurang lebih gitu ceritanya.

Intinya gue iri.


-wildanisme-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar