Jumat, 27 Maret 2015

Curhat Serius

Akhirnya di akhir bulan Maret ini gue resmi jadi pengangguran, lebih tepatnya mahasiswa kelas karyawan yang  bukan karyawan lagi.Udah dua tahun lebih lamanya gue melakukan kegiatan kuliah dan kerja secara bersamaan. Selama itu juga waktu gue tesita. Pagi-pagi bangun buat kerja sampai sore, balik kerja langusng ke kampus pulang larut, pola hidup gue, ya, gitu-gitu aja.

Selama itu waktu gue buat ngelakuin hobi nggak ada sama sekali. Gue jadi jarang nge-band, gue juga jarang nulis, gue yang tadinya ikut open mic jadi nggak pernah ikut lagi, sama sekali nggak ada waktu buat main. even, kalau hari libur juga ujung-ujungnya gue diem di rumah buat ngerjain tugas dari kampus (Alasan elegan, padahal jomblo). Ya, memang menyebalkan. Tapi gue harus kerja untuk membiayai kuliah gue.

Tapi gue seneng ngelakuinnya, gue suka dengan kesibukan, walau agak sedikit berlebihan, namanya juga perjuangan.

Kebetulan kerja gue sistem waktunya shift, ada shift pagi (06.30 - 14.00) dan shift siang (14.00 - 21.30). Dan kebetulan juga gue kuliahnya malem (Senin - Jumat jam 18.30) gue otomatis harus masuk shift pagi terus. Dari itu lah semua masalah muncul.

Selama gue kerja, jadwal gue agak "khusus", jadi  gue jadwal kerja gue Senin - Jumat masuk shift pagi terus, di weekend gue masuk shift siang. Dan otomatis harus ada relawan yang rela dituker jadwalnya sama gue. Alhamdulilahnya, selama gue kerja ada aja orang yang mau tuker jadwal. Tapi gue sadar, gue sedang mengaktifkan bom waktu. Bom waktu yang bisa meledak kapan saja.

Awalnya dari pertama gue masuk kerja aman-aman aja (Oktober 2012), tapi sebulan yang lalu gue udah ngerasa ada yang gak beres. Ada yang ngeluh soal jadwal. 

Perkiraan gue bener. Bom waktu yang gue aktifkan udah meledak. Jadi, rekan-rekan shift gue udah pada protes sama supervisor gue soal jadwal kerjanya. 

Suasana kerja udah nggak enak, dari mulai nggak saling sapa, sampai nggak dianggep.

Gue minta win-win-solution, dengan cara pindah ke cabang baru, yang disana itu jam kerjanya cuma shift pagi, ya, cuma shift pagi. 

Gue udah minta secara personal ke bagian personalia. Tapi...beliau bilang tidak bisa, tanpa mengusahakannya terlebih dahulu. 

Beliau bilang. "Dalam perjanjian kerja, pekerjaan diutamakan"
Gue tau, gue harus mengutamakan pekerjaan, dan itu dipayungi oleh hukum. Gue itu cuma minta pindah, dan di tempat baru itu gue kerja, bukan leha-leha.

Gue sempat berpikir, apa yang gue lakukan ini kriminal?? Kenapa dia nggak punya hati banget?? Kalau dia ada di posisi gue gimana? Kalau nggak, anaknnya nanti ada di posisi kayak gue gimana?? Tapi pecuma gue mengeluh.

Sebulan gue bertahan, dan gue berpikir, mungkin ini saatnya gue mengundurkan diri. Gue nggak mau kuliah gue berantakan untuk kedua kalinya. Sebelumnya gue kuliah di Universitas Negeri di Bogor. Namun karena saat itu ekonomi keluarga sangat kritis, dan memaksa gue untuk kerja demi pemasukan keluarga. Gue berhenti kuliah di smester 3.

Saat ini gue lagi ngebut-ngebutnya kuliah di salah satu universitas swasta di Bogor, setiap smester gue ambil 24 sks, dan kalau begini terus, Insya Allah gue tahun depan bisa skripsi. Berita baiknya, untuk smester ini gue udah lunasi. Tinggal mikirin buat smester depan aja hehehe.. semoga ada jalannya.

Buat yang baca blog ini dan nasibnya sama kayak gue, gue cuma bisa bilang. Berjuanglah kawan!!! 


-wildanisme-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar